Mengatasi Insecure Pada Diri Sendiri

Safira Yuniar
Javan Cipta Solusi
Published in
2 min readFeb 24, 2020

--

Source : Geralt/Pixabay

Insecure merupakan suatu perasaan yang membuat diri kita tidak nyaman pada diri sendiri alias tidak PD. Memang sih, hal ini wajar ada pada setiap orang, namun jika perasaan insecure terlalu berlarut larut akan berdampak pada kesehatan mental seseorang.

Penyebab dari insecure bisa karena pergaulan, overthinking, tidak PD, atau bahkan trauma. Perasaan insecure membuat seseorang takut untuk melangkah maju dan takut dalam mengambil keputusan. Dalam tulisan ini, saya akan memberi tips bagaiman cara untuk mengatasi perasaan insecure yang pada diri sendiri.

  1. Toxic People? BYE.

Toxic people bisa diartikan seseorang yang memiliki sifat negatif dan merugikan orang dalam hal fisik atau emosional. Dalam pergaulan, kita pasti pernah menemukan seseorang yang toxic atau bahkan teman kita sendiri juga memiliki sifat toxic. Jika kita menemukan toxic people, kita harus segera menjauhkan diri dari orang itu. Kenapa? Karena jika kita berada di lingkungan bersama orang yang toxic, kita akan semakin merasa insecure dengan diri kita dengan perlakuan mereka yang meremehkan atau tidak menghargai orang lain. Lebih baik kita mencari lingkungan yang berisi orang orang yang positif, yang selalu mensupport kita. So? Bye toxic people!

2. Belajar mencintai diri sendiri

Pada poin ini merupakan poin terpenting! Beberapa orang sering memikirkan kelemahan-kelemahan mereka dan tidak melihat kelebihan yang mereka punya. Terkadang beberapa orang pun sering membandingkan dirinya dengan orang lain, hal itu sangat membuat orang merasa insecure. Padahal setiap orang diciptakan dengan kelebihannya masing-masing. Lalu, mengapa kita tidak memulai untuk mencintai diri sendiri? Dengan mencintai diri sendiri kita bisa bersyukur dengan apa yang kita miliki sekarang, bisa lebih percaya pada diri sendiri, dan hal yang terpenting kita bisa melawan rasa insecure yang muncul dalam diri kita. Love yourself!

3. Ikhlaskan masa lalumu.

Semua orang pasti memiliki cerita di masa lalunya, baik cerita pahit atau manis dalam kehidupan. Beberapa orang menyesali pernah melakukan suatu hal yang pahit di masa lalu. Hal itu bisa menjadi salah satu penyebab insecure. Kita harus bisa berdamai dengan masa lalu, harus bisa mengikhlaskan dengan apa yang telah terjadi. Jadikan masa lalumu itu sebagai pelajaran yang berguna bagi masa sekarang.

4. Selalu lawan rasa insecure mu!

Tentunya untuk mengatasi rasa insecure kita harus melawan rasa itu, jangan sampai pikiran pikiran overthinking menguasai kepalamu. Percaya dengan diri sendiri bahwa kamu itu mampu! Saya yakin mengatasi insecure memanglah sulit, terkadang hanya dengan membaca saja tidak merubah situasi apapun. Namun, tetaplah mencoba berpikiran positif dan percaya pada diri sendiri.

Insecure memang wajar terjadi disetiap manusia, namun jika Anda merasa incecure berlebihan, tidak ada salahnya untuk mencoba berkonsultasi dengan seorang yang profesional seperti psikolog. Ayo lawan rasa insecure mu!

--

--

Safira Yuniar
Javan Cipta Solusi

Still young, still doing mistakes, still growing, still learning.